Cara Menulis Artikel Blog Agar Menarik Minat Para Pembaca

Cara menulis artikel blog agar menarik minat para pembaca - Blog sangat identik sekali denga tulisan. Seorang blogger dituntut untuk memiliki skill dalam menulis artikel blog. Bagi para blogger pemula yang memiliki hobi menulis, tentu hal ini tidak akan menjadi suatu beban. Malah mereka sangat menikmatinya.

Bagi sobat yang baru terjun di dunia blog, yang paling penting adalah rajin menulis. Mau tak mau, sobat harus menulis artikel blog. Mungkin bagi para penulis yang masih newbie, agak sedikit kaku ya. Namun tenang dulu sob, disini kita akan saling berbagi karena berbagi itu indah ya kan sob.

Cara menulis artikel blog


Berikut ini adalah cara menulis artikel blog agar menarik minat para pembaca menurut versi ane sob:

1. Memahami topik yang ditulis

Penting sekali bagi para penulis blog untuk memahami topik yang ditulisnya. Tidak pahamnya seorang blogger dengan tulisannya akan memberi dampak negatif terhadap blognya.

Mungkin ini salah satu penyebab blog sobat jarang diupdate karena penulisnya tidak paham topik apa yang akan diupdate.

2. Jangan terlalu banyak basa-basi

Ada kalanya seorang penulis itu menggunakan kata basa-basi untuk membuat para pembaca terhanyut dalam suasana yang santai. Namun, penting untuk diketahui bahwa terlalu banyak basa-basi juga tidak bagus loo sob.

Pengguna internet itu banyak kesibukannya. Mereka akan sangat mudah meninggalkan blog sobat karena terlalu banyak kata basa-basi yang tidak penting itu. Jadi, ala kadarnya saja ya sob.

3. Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami

Tidak semuanya para pembaca blog kita memiliki tingkat kecerdasan yang sama sob. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami akan semakin memberi nilai plus untuk tulisan kita. Jangan gunakan kata-kata istilah yang membuat pembaca menjadi bingung ya sob.

4. Libatkan pembaca

Kadang kala pembaca blog itu mudah bosan sob. Pastikan tulisan blog kita tidak kaku alias monoton. Melibatkan para pembaca akan semakin membuat suasana pembaca merasa nyaman. Kita bisa menggunakan kata “sobat”, “agan”, “teman-teman”. Seperti yang ane buat diblog ini sob hehe.

5. Jangan menulis paragraf terlalu panjang

Keliatannya sepele ya sob. Namun, hal ini memberi dampak besar loo sob. Paragraf yang terlalu panjang akan membuat mata menjadi sakit. Usahakan paragraf yang sobat tulis tidak lebih dari 4 atau 3 baris. Bisa dibayangkan sob?

6. Masukkan gambar

Memasukkan gambar dalam sebuah artikel akan menjadi lebih menarik sob. Jadi, blog kita tidak hanya monoton teks saja tapi juga gambar. Namun, jangan terlalu banyak memasukkan gambar ya sob. Apalagi jika gambarnya lebih banyak dari tulisan.

7. Edit sebelum dipublikasi

Sebelum dipublikasi, alangkah baiknya, membaca kembali artikel yang sudah kita tulis tadi ya sob. Perbaiki kata-kata yang tidak penting, salah ketik, dan lain sebagainya.  

Kesimpulan

Dari beberapa paparan di atas, dapat kita simpulkan bahwa menulis itu memang suatu keharusan bagi seorang blogger. Tidak hanya menulis, namun kenikmatan para pembaca juga penting untuk diperhatikan oleh seorang penulis.

Menulis artikel blog sebenarnya tidak sulit. Asal kita mau belajar, praktek, dan rajin, tentu semua itu akan membuat kita menjadi terbiasa menulis artikel blog. Dengan begitu, lambat laun tulisan kita menjadi berkelas dan bagus.

Tentu untuk ane pribadi juga sedang berjuang menjadi seorang penulis artikel blog yang baik. Mari kita sama-sama belajar ya sob.


Mungkin itu saja yang bisa ane bagikan pada postingan kali ini mengenai cara menulis artikel blog agar menarik minat para pembaca, semoga memberi manfaat untuk kita ya sob.

Seorang insan yang ingin hidup bahagia dunia akhirat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »