Berbedanya Hobi dan Minat, Adakah Hubungannya Dengan Karir?



Berbedanya hobi dan minat, adakah hubungannya dengan karir? - Hobi dan minat sangat melekat dalam kehidupan manusia. Mungkin inilah salah satu alasan mengapat manusia lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhluk yang lainnya. Hobi dan minat itu tidak bisa dilihat, namun bisa dirasakan.

antara hobi, minat, dan karir

Setiap manusia pasti memiliki hobi dan minat masing-masing. Bahkan, bukan tak mungkin dari hobi dan minat bisa menjadi salah satu bekal manusia untuk menjemput rezeki.

Berbicara mengenai hobi dan minat, mungkin banyak dari kita yang sering mendengar semacam pertanyaan mengenai hobi dan minat. Ada sebagian yang berpendapat bahwa hobi dan minat merupakan suatu hal yang memiliki defenisi yang sama. Ya, tidak masalah. Itu hanyalah pendapat dari berbagai kalangan saja yang tidak bisa kita salahkan dan hanya bisa kita luruskan saja. Namun bukan sedikit pula yang berpendapat bahwa hobi dan minat itu sangat memiliki perbedaan. Dari sinilah yang membuat orang bertanya-tanya mengenai hobi dan minat, dan apa hubungannya dengan karir.

Menurut YayeMenulis.blogspot.com, hobi dan minat itu adalah suatu hal yang hampir mirip (bukan berarti sama). Ada suatu perbedaan yang sangat jelas antara hobi dan minat. Secara sederhananya, hobi merupakan kegiatan yang sangat disukai manusia itu sendiri dan kegiatan itu digunakan untuk mengisi waktu luang guna melepaskan penatnya pikiran. Sedangkan minat merupakan dorongan kuat untuk melakukan segala sesuatu demi mencapai suatu tujuan yang diharapkan.

Bisa kita ambil dari contoh berikut:

Hobi

Seseorang yang hobi bermain bulu tangkis, dia akan selalu berusaha bermain bulu tangkis dikala waktu luang.

Minat

Orang yang minat terhadap bulu tangkis, dia akan mencari suatu informasi yang berhubungan tentang seputar bulu tangkis.

Sangat berbeda bukan?
Terus, adakah hubungannya dengan karir?

hobi, minat, dan karir

Seperti yang kita ungkapkan sebelumnya, bahwa hobi dan minat bisa dijadikan salah satu bekal manusia untuk menjemput rezeki. Bekal itu bisa berupa karir seseorang. Bila seseorang sangat menekuni suatu hobi ataupun minat, bukan tak mungkin itu bisa dijadikan sebuah karir untuk orang itu sendiri. Dengan begitu, munculah ungkapan “Pekerjaan yang paling enak adalah hobi/minat yang dibayar”.

Pertama kita ambil contoh dari hobi. Seseorang yang hobi bermain bulu tangkis, dia bisa menjadikan bulu tangkis itu sebagai karirnya. Lalu, dia mendapat sebutan sebagai seorang pebulu tangkis.

Berikutnya kita ambil contoh dari minat. Seseorang yang memiliki minat terhadap dunia blog, dia bisa menjadikan blog itu sebagai profesinya. Lalu, dia mendapat sebutan sebagai seorang blogger.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa hobi dan minat memiliki perbedaan. Namun, juga memiliki persamaan yaitu sama-sama bisa dijadikan sebuah karir. Keren bukan?

Demikianlah ulasan singkat mengenai berbedanya hobi dan minat, adakah hubungannya dengan karir?. Semoga menambah wawasan kita bersama ya, khususnya wawasan pribadi penulis.

Seorang insan yang ingin hidup bahagia dunia akhirat

Share this

Related Posts

First